Antisipasi Kemacetan Arus Balik, 31 Gardu Tol Cikarang Dibuka

By Admin

Foto/Ilustrasi  

nusakini.com - Untuk mengantisipasi volume kendaraan yang membludak selama arus balik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan koordinasi dengan PT Jasa Marga Tbk, untuk membuka 31 gardu tol di gerbang Cikarang Utama, yang menjadi pintu masuk Jakarta dari arah Cikampek.

Menurut Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan JA Barata, arus kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikampek sudah mulai padat, sehingga gardu tol dibuka sebanyak mungkin.

"Ini sudah padat di Cikarut (Cikarang Utama), sekarang ada 31 gardu yang dibuka," kata Barata saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jumat (30/6/2017).

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan sejak kemarin malam, hingga pukul 08.00 WIB hari ini sudah ada 19.447 kendaraan roda empat yang masuk ke Jabodetabek melalui gerbang tol Cikarang Utama.

Barata menyampaikan sebelum kepadatan terjadi, jumlah gardu tol yang dibuka hanya 24. Namun karena kondisi di lapangan mulai padat maka ada tujuh gardu tambahan yang dibuka.

Barata mengatakan, hingga saat ini belum akan ada rencana penambahan pembukaan gardu tol karena keadaan di lapangan dirasa masih bisa dikendalikan. (b/ma)